top of page

Carrier Oil

Carrier Oil - Apa itu dan apa kegunaannya?

Kita sering bertanya, apa sih Carrier Oil itu? Penting yah? Yuk, kita bahas tentang carrier oil secara sederhana yaa..

Carrier Oil adalah minyak sayur atau minyak dasar, yang digunakan untuk mengencerkan essential oil sebelum dioleskan ke kulit.

Tidak, Anda tidak harus membeli carrier oil dari perusahaan essential oil! Perusahaan essential oil seperti Young Living memang menjual carrier oil, seperti V-6 Vegetable Oil Complex, untuk memberikan kemudahan. Saya pribadi sangat menyukai V-6, karena tidak meninggalkan noda, menyerap sangat cepat dan sangat ideal untuk pijat dan lain-lain.

Coconut oil / minyak kelapa merupakan pilihan yang tepat untuk kulit kering dan anak-anak yang memiliki kulit sensitif. Bisa digunakan sebagai minyak dasar alami dalam pembuatan salep dengan essential oil.

Jojoba oil merupakan pilihan yang tepat untuk kulit wajah yang peka. Sangat menghidrasi dan menyerap tanpa meninggalkan rasa yang berat di kulit.

Anda bisa menggunakan macam-macam carrier oil lainnya, seperti; almond oil, olive oil, apricot, avocado, dan lain-lain, selama itu minyak sayur ya.. jangan gunakan baby oil untuk mengencerkan essential oil.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai macam minyak dasar, temukan minyak yang terbaik untuk kulit anda, karena sangat bermanfaat sebagai penyembuh alami bagi kulit.

Kapan kita menggunakan Carrier Oil?

Ada beberapa kondisi dimana kita harus menggunakan Carrier Oil:

  • Saat essential oil yang digunakan sangat kuat, atau ‘panas.’ Oregano dan Wintergreen adalah beberapa dari banyak oil yang bersifat panas, apabila dioleskan langsung (tanpa dilute/diencerkan) bisa membuat kulit anda terasa seperti terbakar dan bahkan mengalami iritasi, terutama untuk kulit yang sensitif. Saya bisa mengoleskan Oregano langsung ke kulit di telapak kaki, tapi saya akan perlu untuk mengencerkannya sebelum mengoleskan ke daerah kulit yang lebih lembut atau rapuh seperti leher atau dada.Coba lihat label botol essential oil yang anda miliki, Young Living akan memberikan keterangan apabila beberapa oil harus diencerkan sebelum pengolesan.

  • Saat mengoleskan oil pada bayi, balita atau binatang peliharaan. Anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif daripada kita. Mereka tidak mampu menahan hal-hal yang lebih kuat seperti halnya kita orang dewasa, seperti rasa panas minyak di tubuh. Bisa jadi minyak yang sama terasa sangat panas di kulit mereka, padahal kita hanya merasa hangat biasa. Jadi, saat menggunakan essential oil untuk anak-anak yang lebih kecil, selalu encerkan terlebih dahulu dengan carrier oil.

  • Saat anda ingin mengoleskan sebagian kecil essential oil ke area tubuh yang luas. Seperti pijat misalnya. Anda hanya memerlukan 3-4 tetes essential oil untuk memijat daerah pundak yang pegal, tapi mungkin saja sebelum semua daerah dipijat anda merasa oilnya sudah habis terserap! Dalam kelas Aroma Touch Therapy Technique, diajarkan bahwa kita hanya memerlukan beberapa tetes cocconut oil untuk membantu penyebaran 3-4 tetes essential oil yang kita gunakan. Penambahan carrier oil sangat membantu menyebarkan essential oil dan kita jadi lebih mudah melakukan pijatan.

Saat menggunakan essential oil, pastikan untuk memiliki carrier oil di dekat anda. Untuk alasan keselamatan, semisal essential oil mengetai mata secara tidak sengaja, ambilah carrier oil dan BUKAN AIR. Air dan minyak tidak dapat tercampur, apabila anda menggunakan air hanya akan membuat air masuk lebih dalam ke area yang tidak diinginkan. Apabila oil yang dipakai terlalu panas, anda dapat juga menambahkan carrier oil untuk meringankan rasa tidak nyaman pada kulit.

Dan beberapa poin yang perlu diingat saat membeli carrier oil, (sebisa mungkin) carilah yang ORGANIK. Kita dalam upaya menghilangkan bahan kimia dari dalam tubuh, setidaknya ini adalah sedikit banyak yang bisa kita lakukan untuk tetap berada di jalurnya.

Salam sehat selalu!

Jeanne M. Wigoena

Young Living Distributor

bottom of page