top of page

Cara Menggunakan Essential Oil | Part 1 of 3

Sejak menggunakan essential oil dan merasakan khasiatnya, saya suka sekali berbagi hal-hal mengenai essential oil dengan keluarga dan teman-teman, agar semua bisa merasakan manfaatnya bagi kesehatan mereka.

Pertanyaan yang paling utama adalah bagaimana dan dimana harus menggunakannya.

Ada 3 macam cara menggunakan essential oil yaitu; secara topikal atau pengulesan langsung di kulit, aromatik yaitu dengan mencium baunya dan internal atau konsumsi.

Saya akan membahas mengenai tiap-tiap cara penggunaan dalam 3 bagian post.

Bagian pertama adalah penggunaan essential oil secara TOPIKAL / PENGOLESAN.

Dimanakah saya mengoleskannya?

Untuk menggunakan eo secara topikal atau pengolesan, cukup teteskan 1-2 tetes eo pilihan anda di telapak tangan dan oleskan ke bagian tubuh yang anda inginkan. Ikuti insting anda.. saat mengalami sakit perut, oleskan langsung pada perut yang sakit. Saat kepala pusing, oleskan pada pelipis. Merasa tegang atau otot kencang? Langsung oleskan pada bagian yang tegang tersebut. Mudah bukan?

Pilihan lainnya ialah telapak kaki. Pada buku Essential Oil Pocket Reference, terdapat daftar titik-titik Vitaflex di telapak kaki, anda dapat mengoleskan eo pada titik-titik syaraf yang memerlukan. Saat menggunakan eo secara topikal, eo akan diserap tubuh dalam waktu 30 detik dan dimetabolisme dalam 2 jam, maka dari itu sangat penting untuk mengoleskan eo sesering mungkin saat gejala sakit muncul kembali.

Bagaimana saya mengoleskannya?

Sangat dianjurkan untuk memijat menggunakan ujung jari anda, dengan gerakan memutar dan sedikit tekanan sampai ke puncak.

Pastikan untuk membaca label keterangan pada botol essential oil terlebih dahulu, dan apabila diperlukan, dilute/encerkan eo dengan carrier oil. Sangat dianjurkan untuk mengencerkan eo terlebih dahulu sebelum mengoleskannya kepada anak-anak atau orang yang memiliki kulit sensitif. Moto kami adalah: saat ragu, encerkan terlebih dahulu!

EO di air mandi?

Siapa yang tidak suka berendam relaks di bath tub? Tuang 2 cup epsom salt atau garam mandi dalam mangkuk, tambahkan 5-8 tetes eo, epsom salt akan membantu melarutkan eo ke dalam air mandi. Berendam dengan menggunakan eo bagus untuk otot-otot yang tegang dan lelah, dan bagus untuk relaksasi.

Peringatan?

Gunakan nalar / akal sehat anda. Jangan pernah meneteskan eo secara langsung pada mata, telinga dan hidung. Apabila anda menggunakan eo di sekitar mata, berhati-hatilah dan selalu encerkan terlebih dahulu.

Setetes Lavender eo pada bola kapas yang diletakkan di bagian luar telinga atau pengolesan di bagian luar liang telinga bisa mengurangi rasa tidak nyaman, jangan meneteskan eo di bagian dalam telinga.

Dengan cara yang sama, setetes eo pada cotton bud dan oleskan pada bagian depan lubang hidung bisa mebantu, sedangkan apabila diteteskan ke dalam hidung bisa menimbulkan rasa sakit dan panas terbakar.

Saat menggunakan eo, pastikan untuk selalu memiliki carrier oil di dekat anda. Ini mengenai perihal keselamatan. Apabila eo mengenai bagian yang tidak diinginkan, seperti mata.. anda dapat menggunakan essential oil untuk mengangkatnya dan mengurangi rasa sakit atau rasa tidak nyaman lain yang ditimbulkan. Jangan menggunakan air, karena minyak dan air tidak dapat menyatu, dan seringkali penggunaan air malah membuat minyak / eo masuk lebih dalam ke area yang tidak kita inginkan.

Bagaimana? Sudah siap untuk mengoleskan eo? Atau bahkan sudah memiliki oil favorit?

Oil favorit saya untuk dioles antara lain;

Thieves di telapak kaki anak-anak, selain untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh, Thieves juga memberikan rasa hangat bila dioleskan setelah anak mandi.

RC yang sudah diencerkan di bagian dada dan punggung untuk membantu sistem pernapasan dan melegakan di kala anak batuk pilek.

Breathe Again Roll-on pada bagian leher dan dada untuk mengurangi rasa gatal saat batuk dan melegakan pernapasan.

Pan Away yang sudah diencerkan atau Deep Relief Roll-on untuk bagian tubuh yang pegal-pegal.

Salam sehat selalu,

Jeanne

Independent Distributor

Disclaimer: Informasi di dalam website ini berdasarkan riset dan penggunaan pribadi terhadap Young Living Essential Oil. Saya bukan dokter. Semua pernyataan, produk dan teknik yang disebutkan belum dievaluasi secara resmi oleh FDA dan tidak dimaksudkan sebagai diagnosa, perawatan, penyembuhan atau pencegahan jenis penyakit apapun.

bottom of page