top of page

Cara Menggunakan Essential Oil | Part 2 of 3

Mommies and friends, pernah gak ngalamin mencium bau yang harum, misalnya bau pohon cemara atau kayumanis, dan dalam sekejap pikiran kita, perasaan kita menjadi tenang dan serasa dilingkupi dengan kenangan-kenangan yang menggembirakan? Atau waktu mencium bau lemon dan peppermint, badan langsung jadi segar dan semangat?

Ahhh.. itulah kekuatan dari aroma essential oil. Efeknya benar-benar menakjubkan!

Jadi, apa sih yang sesungguhnya terjadi?

Saat kita mencium, membaui atau menghirup suatu bau, komponen kimiawi dari aroma tersebut masuk melalui indera penciuman kita dan diteruskan ke sistem limbik pada otak, yang mengontrol hormon, sistem pencernaan, dan emosi dan sejumlah fungsi penting lain di dalam tubuh. Inilah mengapa saya suka mencium bau essential oil.

Mencium tanpa meneteskan oil?

Saat mengoleskan oil secara langsung ke badan atau kulit, saya suka menggosok-gosokkan sisa oil yang di tangan lalu menangkupkan tangan saya ke depan hidung dan menghirup aromanya dalam-dalam.. biasanya setelah mengoleskan oil pada anak-anak sebelum tidur, saya suka melakukannya untuk ikut merasakan manfaat oil tanpa harus mengoleskannya sendiri ke tubuh saya. :)

Terus, bagaimana cara saya mencium saat tidak ada yang di oles? Dekatkan saja botol essential oil ke hidung dan hirup aromanya. Metode ini memberikan kita manfaatnya secara aromatik tanpa mengeluarkan setetespun essential oil. Lebih hemat juga yaa.. haha..

Diffusing?

I looooove diffusing oils!!! Ini adalah cara favorit saya dalam menggunakan essential oil. Saat pertama bergabung, saya membeli paket beserta Home Diffuser agar seluruh anggota keluarga bisa menghirup aroma dan merasakan manfaatnya. Cukup tambahkan air dan teteskan 6-10 tetes essential oil (tergantung dari besar ruangan). Anda harus mencobanya dengan Thieves! Ini favorit saya untuk menjaga rumah, terutama kamar anak-anak bebas dari kuman, bakteri, dan aromanya juga menyenangkan. Tidak hanya merasakan manfaat terapeutiknya, tapi rumah saya juga terasa bersih dan segar. YAY!

Bingung mencoba kombinasi oil yang mana di diffuser anda? Ini beberapa favorit saya yang bisa anda coba:

  • Allergy Relief : 3 tetes Lemon, 3 tetes Lavender, 3 tetes Peppermint

  • Konsentrasi : 6 tetes Valor, 2 tetes Frankincense

  • Bye Bye Bakteri : 4 tetes Thieves, 4 tetes Orange

  • Energy Booster : 6 tetes Citrus Fresh, 2 tetes Peppermint

  • Good Night : 4 tetes Peace & Calming, 4 tetes Lavender

  • Clean Air : 3 tetes Melaleuca Alternifolia (Tea Tree), 4 tetes Purification

  • Happy Home : 2 tetes Joy, 4 tetes lemon

Happy Diffusing!

Salam sehat selalu!

Jeanne

bottom of page